Monday, May 24, 2010

TIPE-TIPE PEMBELI

KEWIRAUSAHAAN

1. Tipe – Tipe Pembeli
a. The decided customer
Meraka ini telah mengetahui dan memutuskan apa yang akan di beli dan penual harus cepat melayani dan mengambilkan barangnya. Dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dan memberi ketrangan harus merupakan keterangan yang bersifat khusus tidak usah memberikan keterangan yang bersifat umum.

b. The know it all custumer
Tipe pembeli yang mengetahui segalanya, dilah yang bercerita kepada penjual. Walaupun apa yang diceritakannya tidak semuanya benar, tapi penjual tidak usah membantahnya. Penjual dapat memberi keterangan-keterangan yang tepat secara bijaksana dengan menempuh cara yang tidak langsung sehingga dapat mempengaruhi sikap langganan tersebut.

c. The deliberate custumer
Tipe pelanggan yang menghendaki fakta-fakta yang kadang-kadang advis tentang kontruksi dancara-cara penggunaan barang yang dibelinya.Langganan ini banyak mengambil waktu mengambil waktu untuk mempertimbangkan setiap pembelinya.

d. The undecided customers
Tipe pembeli ini tidak dapat memutuskan ukuran, warna dari yang akan dibelinya. Tugas penjual disini adalah mencoba menentukan apa sebenarnya yang dibutuhkan langganan.Penjual harus berusaha mengarahkan attensi langganan dan membantu si langganan mengambil keputusan dengan memperlihatkan berbagai macam barang yang menarik.

e. The talkative custumers
Pelanggan ini senang ngobrol, tetapai tidak mengarah kepada pembelian. Jika pada asaat itu tidak banyak langganan yang lain maka penjual bisa melayani obrolan itu dan mengarahkan sedikit ke arah pembelian. Jika pembelian sudah terjadi, segera bungkus barang-barangnya dan bersiap melayani langganan yang lain.

f. The silent timid custumers
Custumer ini merasa canggung di dalam took dan merasa takut kalu-kalu kekurangan suatu barang akan diketahui jika ia betanya-tanya. Salesman harus pandai melayani langganan ini, jangan sekali-kali menunjukkan kesan bahwa langganan itu memang tidak mengerti apa-apa tentang barang-barang ynag dilihatnya.

g. The decided but mistaken custumers
Langgnan ini memandangi toko dengan suatu keputusan dalam pikirannya untuk membeli suatu barang tertentu. Akan tetapi, menurut penjual pilihannya itru tidak sesuai dengan maksud pejualannya. Salesman tidak perlu berdebat dengan langganan tetapi cukup memberitahukan mamfaat dan kegunaan dari barang-barang itu.

h. The I get discount custumers
Tipe ini merupakan pelanggan yang selalu menghendaki discount atau potongan harga dari barang yang di belinya.

2. Sifat-sifat yang Perlu Dimiliki Penjual
Hubungan antara ilmu menjual dengan kepribadian erat sekali, kepribdian penjual dapat diartikan sebagai kualitas pribadi penjual yang memiliki daya tarik dan menimbulkan kesan pertama yang baik kepada para pelanggannya.

Dipandang dari sudut ilmu jiwa, setiap orang memiliki dua kepribadian, yaitu :
a. Kepribadian bakat
Kepribadian bakat antara lain senang berkawan, ramah tamah, sabar dan sbagainya. Kepribadian bakat dapat dikembangkan ( dididik ) sehingga orang-orang yang memilki sifat sabar,ramah tamah setelah dikembangkan dapat mejadi seorang penjual yang sukses.
b. Kepribadian didikan
Untuk mengembangkan kepribadian, penjual dapat melakukannya dengan belajar intensif dan latihan-latihan. Untuk mengembangkan kepribadian penjual perlu ditanamkan pengetahuan dasar, seperti :
  • Pengetahuan akan diri sendiri
  • Pengetahuan akan barang yang di jual
  • Pengetahuan tentang langganan-langganan atau calon-calon pembeli

Secara umum, ada 10 macam sifa kepribadian yang harus dimiliki oleh penjual, yaitu :
1. Selalu gembira
Seorang penjual harus memiliki sikap gembira setiap saat walupun tidak mendapat pesanan.
2. Lurus hati dan disiplin
Setiap perbuatan yang lurus akan membawa perasaan yang menyenangkan, membawa suasana yang terbuka dan tidak kaku,sebab dengan selalu berlurus hati kita punya rasa bevas dosa. Disiplin perlu dipegang teguh, jadi jangan melanggar rencana yang telah ditentukan.
3. Bijaksana
Seorang yang bijaksana adalah seorang yang dapat melihat situasi serta dapat mengambil keputusan dengan cepat guna kepentingan relasinya.
4. Sopan santun
Berlaku sopan santun menimbulkan penghargaanorang terhadap diri sendiri kita. Tindakan penjual harus sopan santun seta menyenangkan calon pembeli. Kesan pertama menentukan penjualan.
5. Periang
Setiap orang periang akan menimbulkan kesan baik serta menimbulkan suasana menyenangkan. Wajahnya selalu tersenyum dan tidak kurang bahan pembicaraannya.
6. Mudah bergaul
Kalau orang ingin pandai bergaul harus berusaha mendengarkan pembicaran orang lain dan berinteraksi dengan orang lain.
7. Penuh inisiatif
Selalu bertindak dengan memberikan saran-saran dan mengajukan usul yang berharga untuk kepentingan calon-calon pembeli atau para langganan.
8. Tidak putus asa
Seorang penjual tidak boleh putus asa dalam memperdagangkan barang-barangnya jika gagal, dia harus selalu mencoba dan berusaha.
9. Ketajaman daya ingatan
Sebagai penjual yang berkepribadian yang menatik haruslah memiliki daya ingat yang kuat. Jangan salah menyebut nama langganan, jangan salah menyebut nama barang langganan, dan hal-hal yang penting mengenai langganan.
10. Penuh perhatian
Seorang penual harus memiliki perhatian, tidak boleh berbicara dengan perhatian kurang kepada apa yang menjadi inti pembicaraan apalagi mengalihkan perhatian kepada soal-soal yang bukan menjadi tujuan.

3. Cara Menghadapi Pembeli
- Menciptakan suasana yang menyenangkan
Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menciptakan suasana yang menyenangkan bagi pembeli adalah :
• Buatlah suasana persahabatan yang intim
• Besarkanlah perasaan hati konsumen agar merasa dirinya itu adalah orang penting
• Tanamkanlah kepercayaan pada dirinya agar ia mempunyai ilham atau inspirasi/pikiran.

Mengadakan pendekatan terhadap pembeli
Adapun cara-cara mengadakan pendekatan pada pembeli, antar lain :
• Memberi salam
Sebagai kata pembuka untuk mendekati penjual pada pembelinya sewaktu masuk ke dalam took misalnya ucapkan : selamat sore, selamt siang, dan kata-kata lain yang menyenangkan dan menarik perhatian pembeli.
• Menunggu sejenak
Biarkan para pembeli melihat apa-apa yang akan dibelinya, sebagai seorang penjual kita harus sabar akan hal itu.
• Pendekatan dagang
Car a ini dapat langsung dilakukan apabila pembeli langsung melihat dan meraba suatu barang kemudian memerisanya. Sambutlah dengan gembira dan jawab semua pertanyaannya tentang barang tersebut.
• Dengan menaruh perhatian
Seorang penjual harus memberikan perhatian kepada semua para pembelinya , agar mereka merasa dihargai.

Cara Untuk Menghadapi Perhatian Pembeli
Masalah yang pertama-tama dihadapi oleh para penjual ialah bagaimana dapat menarik perhatian calon pembeli.Seorang ahli dalam ilmu menjual mengatakan bahwa kesan pertama yang menyenangkan akan membawa pengaruh yang lebih intim daripada berulangkali datang.Timbulkan rasa pada diri calon pembeli bahwa “sekali melihat” terus ingin mendengarkan keterangan- keterangan selanjutnya.Tunjukkan keuntungan- keuntungan yang diperoleh jika membeli barang tersebut.

Dalam setiap percakapan penjual harus sanggup menjawab atau menjelaskan apa yang tersimpan di dalam hatinya.penjual harus dapat membangkitkan rasa melihat dan mendengarkan.Cara lain yang lebih efektif adalah dengan mendemonstrasikan barang yang akan dijual.
Mengusahakan agar perhatiian menjadi minat pembeli merupakan tingkat kedua dalam proses pendekatan penjualan.Perlu diingat proses pendekatan :
  1. Perhatian pembeli hanya bersifat sementara,
  2. Perhatian perlu dijaga cukup lama sehingga berubah menjadi minat untuk membeli.
  3. Adanya perhatian yang memusat sangat diperlukan untuk membangkitkan minat untuk membeli.
4. Mendorong keinginan membeli.
Pembeli pada umumnya mengambil keputusan keputusan karena didorog oleh :
  • Untung yang akan diperoleh bila ia memiliki barang tersebut.
  • Akan menyenangkan dan memberikan kenikmatan
  • Akan menyehatkan dan menyelamatkan dalam hidupnya.
  • Akan meninggikan harga dirinya untuk mendapatkan penghormatan / peujian dari orang lain
  • Akan mendapat kebahagiaan sendiri.
Usaha yang dilakukan penjual untuk mendorong penjual untuk medorong pengambilan kepputusanoleh calon pebeli yaitu dengan memberikan motivasi dengan memberikan keterangan atau penjelasan yang bersifat sugesti tentang :

  • Manfaat atau daya guna yang ada pada barang tersebut,sebab kalau pembeli telah menyadari dan tidak meragukan lagi akan mamfaat barang tersebut bagi dirinya keluarganya,atau yang dipentingkannya dia akan berusaha untuk memilkinya.
  • Sikap orang berpendirian untuk mendapatkan untuk mendapakan barang yang baik dengan harga yag pantas dan murah.Bila penjual dapat menyakinkan kualitas barang itu baik dan harganya bersaing disbanding tokoh-tokoh lainnya,maka pembeli akan cepat reaksinya untuk meiliki barang tersebut.
Setiap penjual harus dapat meyakinkan pembeli, ada beberapa cara :
  1. Jangan mengelabui pembeli, maksudnya penjual harus dapat membuktikan kebenaran kata-katanya.
  2. Jangan berbohong, maksudnya penjual harus jujur dalam menjelskan mutu barang dan jasa yang dijualnya.
5.Sifat-sifat penjual yang disenangi oleh pembeli
Para penjual perlu memiliki sifat-sifat yang baik menurut pmbeli adalah :
  • Jujur dalam informasi
  • Pengetahuan yang baik tentang barang
  • Tahu kebutuhan konsumen
  • Pribadi yang menarik
6. Prinsip-prinsip the Costumer Kings
Dikemukakan 11 pernyataan yang harus dipelajari oleh penjual dalam prinsip The Costumer is Kings, yaitu :
  1. Pembeli adalah orang penting dalam dunia usaha
  2. Pembeli tidak tergantung pada kita, justru kita tergantung padanya
  3. Pembeli bukan pengganggu terhadap pekerjaan kita, tetapi sebaliknya sebagai tujuan usaha.
  4. Pembeli berbuat kepada kita sebagai suatu yang menyenangkan
  5. Pembeli adalah sebagian dari usaha dan kegiatan kita
  6. Pembeli bukanklah sebuah benda yang beku, melainkan seorang manusia berdarah daging dengan perasaan dan emosinya, seperti kita sendiri
  7. Pembeli bukanlah lawan berdebat, tetapi kawan-kawan yang bersahabat.
  8. Pembeli seorang yang membawa kebutuhan kepada kita dan merupakan pekerjan kita memenuhinya.
  9. Pembeli adalah orang yng harus dilayani dan dimengerti dengan penuh perhatian.
  10. Pembeli adalah orang yang memungkinkan membuat keuntungan agi pendapatan kita.
  11. Pembeli adalah jiwa penghidupan bagi dunia usaha.
Untuk memberikan perhatian kepada para langganan penjual dapat membedakan pemeli dengan 3 kelas :
  1. Langganan kelas1 yaitu mereka yang selalu berbelanja pada toko kita.
  2. Langganan kelas 2 dimana mereka itu berbelanja sewaktu-waktu ke toko kita, tetapi dilain waktu ditoko lain.
  3. Langganan kelas 3, yaitu merekayang berbelanja pada toko kita sewaktu-waktu sedangkan toko langganannya tidak ada atau mreka berbelanja karena haya kebetulan saja masuk ke toko kita.

3 comments:

Anonymous said...

:) I LIKE THIS,,,

HanafiMcL said...

.Blog yang sangat berguna...
Thank's mas udah share ini.. :D

Anonymous said...

Blog yang sangat berguyna makasih banyak ya buat yg membuat membantu untuk pembelajaran saya di kelas
:)]

Post a Comment

Copyright © 2012 by : SAD_118- AGRIMANIAX.BLOGSPOT.COM
Template by : kendhin x-template.blogspot.com